Saham Kendaraan Listrik Terjun Bebas Akibat Komentar Elon Musk

 

Saham Tesla dan produksi kendaraan listrik yang lain jatuh ke komentar Elon Musk mengenai permasalahan rantai suplai perusahaannya yang bisa tunda produksi.

Elon Musk mendatangi tatap muka pada Rabu (26/1) sesudah tidak bisa menjawab panggilan kwartal ke-3 Tesla, berdasar laporan dari CNN Business pada Jumat (28/1), rekor kwartal ke-4.Kami bicara mengenai keuntungan dan dari hasil.

Elon Musk memusatkan komentarnya pada permasalahan rantai suplai di mana ongkos Tesla lebih murah dibanding pembikin mobil yang lain.

“Permasalahan rantai suplai bisa tunda penyeluncuran mobil baru yang diharap awalnya tahun ini,” komentarnya waktu itu.

Ia menjelaskan gagasan penyeluncuran pikap pertama Tesla, Cybertruck-nya, akan direncanakan ulangi di awal 2023, bersama dengan Roadster dan Semi-Truck baru.

“Kami sudah siap menghasilkannya tahun depannya. Itu kekuatan yang besar.”

Tetapi di lain sisi, Elon Musk menjelaskan jika Tesla sudah tumbuh lebih dari 50% di tahun 2022 dan ada di lajur yang nyaman. Ia mengutamakan jika stok chip lebih bagus dari tahun kemarin.

Bukan itu yang ingin didengarkan investor Tesla. Secara eksklusif, kompetisi makin ketat karena Rivian, produsen truk EV baru yang barusan memenangi penghargaan Motor Tren Truck of the Year, sudah menghasilkan dan jual pickup listrik.

Ford (F) akan mengawali produksi F-150 Lightning EV musim semi ini, dengan gagasan untuk produksi 80.000 truk tiap tahun untuk penuhi pra-pemesanan yang kuat.

Selanjutnya, General Motors (GM) umumkan minggu ini jika mereka akan mengawali produksi pikap Silverado dan Sierra versus EV di tahun 2024.

“Tidak ada argumen ia perlu melipatgandakan dan meneriakkan ‘rantai pasokan’ ke massa,” kata Dan Ives, seorang riset tehnologi di Wedbush Securities.

“Karena itu sahamnya dipasarkan. Saya percaya sahamnya kemungkinan naik pada Kamis bila Elon Musk tidak diundang.”

Komentar Musk tidak langsung mengulas keadaan perusahaan EV yang lain, tapi semua stock EV murni jeblok di hari Kamis.

Rivian turun 10,5%, harga saham Lucido turun 14,1%, dan saham pembikin EV China Nio (NIO) AS turun 6,8%.

Komentar Musk memperlihatkan jika pembikin EV sebesar Tesla mendapatkan permasalahan, start-up kecilnya dapat jadi lebih jelek, kata Ives.

Harga saham Tesla sudah jatuh 21% ke harga penutupan di hari Kamis tahun ini, di bawah kapitalisasi pasar $ 1 triliun, dasar yang diraih pada tahun akhir kemarin.

Bahkan juga bila pemasaran bersambung di hari Jumat, saham Tesla berharga lebih dari nilai pasar kombinasi dari 10 pembikin mobil paling besar di dunia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.